Kisah ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang mengirimkan foto dengan cerita perjumpaannya dengan makhluk yang diduga alien pada tahun 1967.

Edaran Flying Saucer Review Januari-Februari 1969 (halaman 15 sampai 16), berisi artikel berjudul "The 'Little Man' of North California", oleh John Keel, yang membahas foto luar biasa dari sosok aneh berukuran kecil yang memegang objek gelap, tengah berdiri di depan bola berwarna putih.

Artikel itu dilampirkan pada sebuah surat yang dikirim oleh seorang anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Ronnie Hill ke majalah Flying Saucer-UFO Reports, yang saat itu telah berhenti menerbitkan, dan pihak editor memutuskan untuk mengirimkan surat itu kepada John Keel.

Menurut Ronnie Hill, dia mengambil gambar itu pada 21 Juli 1967, di sebuah kota kecil di Pamlico County, North California.

Kisah itu bermula saat Ronnie mencium bau aneh di udara, seperti gas yang membuat matanya berair, sebelum dia menyadari keheningan total di lingkungannya.

Lima belas menit kemudian, Ronnie mendengar suara mendengung dan melihat sebuah benda terbang di dekatnya. Ronnie berlari ke rumah (tetapi tidak mengatakan apa-apa kepada penghuninya), lalu meraih kamera Kodak Sabie 620 dan saat dia keluar lagi, sebuah bola putih berdiameter sekitar 9 kaki telah mendarat di dekatnya.

Lima detik kemudian, terdengar suara keras. Ronnie menulis : "Saya terengah-engah, karena seorang pria kecil dengan tinggi sekitar 3 1/2 sampai 4 kaki (sekitar 90 cm) datang dari belakang benda berbentuk-bola, membawa benda hitam berbentuk corong di tangan kanannya." (Makhluk itu berjarak 15 kaki (4,5 meter) dari Ronnie Hill).

John Keel memperlihatkan foto tersebut ke beberapa fotografer profesional di Kota New York dan mempelajarinya dengan teliti, untuk menyimpulkan bahwa "itu tampaknya bukan boneka atau tipuan yang lain."

John menerima kebenaran dokument tersebut (foto original yang hanya satu buah), dan bahkan menemukan banyak detail dalam cerita yang mengingatkannya pada penampakan UFO asli, termasuk detail seperti bau, suara, kabut, dan sosok humanoid yang mengenakan pakaian.


John menulis :

"(Foto) itu berwarna kebiruan dan dirusak oleh kabut di kedua disinya."

Untuk menghindari foto itu dipublikasikan, John melaporkan bahwa "(foto itu) telah dilindungi oleh hak cipta atas nama Ronnie." Tentu saja itu adalah keputusan yang aneh.

Tidak ada lagi yang diketahui mengenai foto ini sampai edisi FSR November-Desember dirilis.

Sebuah lampiran kecil di halaman 11 melaporkan tentang "keraguan terhadap foto pria kecil," dan menyebutkan bahwa "John Keel dan korespondennya, telah mengawasi kasus ini dan sekarang melaporkan bahwa perkembangan telah menimbulkan keraguan pada keaslian foto tersebut."

Pada musim panas 1969 (pengelola situs fotocat) memperoleh salinan berwarna cetakan foto Ronnie hill dari Roger Perrinjaquet (Ufologist Swiss, presiden grup GEOS dan seorang kolektor aktif dari foto-foto UFO).

Gambar yang didapatnya adalah foto dengan bagian yang telah dicrop, jelas dari foto negarif generasi-kedua. Di salinan itu juga terdapat sejumlah titik putih yang melintas secara miring, yang tidak diketahui asalnya.


Semua cetakan yang diketahui (saat itu) hanya memusatkan pada sosok Humanoid, tidak fotonya secara keseluruhan.

(Situs fotocat) kemudian menyampaikan permintaan kepada orang yang mengelola file John Keel, dan karena John Keel telah meninggal pada Juli 2009, Doug Skinner adalah orang yang menjalankan situs web yang ditujukan untuk mengenang John Keel dan juga asetnya.

Doug berbaik hati dan memberi cetakan kodak asli yang dibuat oleh Ronnie Hill, di mana di foto tersebut keadaan di sekelilingnya dapat terlihat jelas, dan tidak memiliki titik-titik putih seperti yang teramati pada cetakan generasi-kedua.


Doug mengirimkan pindaian surat yang dikirim oleh Ronnie Hill ke Dell Publishing Company dengan banyak detail menarik dan dua halaman gambar :
Foto itu diambil di Kota Oriental, North Carolina. Waktunya adalah "2:00 AM", "di hari yang cerah" dan berada di hadapan humanoid "selama sekitar 30 menit)", ukuran objek yang mendarat "dibangingkan dengan sebuah jeruk (ini adalah perkiraan fotografer), (objek) itu menghilang di atas puncak pohon dan bergerak "seperti dikendalikan "remote control".

Ufo itu "sekitar 9 yard 2 kaki dari saya", dan "alien itu tingginya sekitar 3 atau 3½ kaki". Makhluk itu berwarna coklat tua di wajahnya dengan pantulan kehijauan dan dia mengenakan baju perak "bersinar". Alien itu datang dari belakang "kapal", berhenti dan melihat sekeliling, bergerak lalu berhenti lagi setelah melihat UFO, lalu (alien) mengeluarkan corong hitam dan menancapkannya di tanah. Lalu menariknya kembali. Akhirnya makhluk itu "bergegas kembali ke belakang kapal".
Konsultan (fotocat) telah memeriksa informasi yang ada, serta foto aslinya, dan menemukan beberapa ketidakkonsistenan baik dalam data yang dilaporkan maupun pada gambar yang ada.

Pertama, gambar yang diterima dari Skinner adalah 90x90 mm, tetapi Keel mengatakan dia menerima salinan kontak, dan cetakan film 620, 56 mm, hal ini menimbulkan keraguan apakah foto yang dikirimkan benar-benar asli atau tidak.

Kedua, gambar yang diterima menunjukkan iluminasi yang setara dengan sumber cahaya yang terletak pada ketinggian 25°, sedangkan menurut kesaksian (Ronnie), gambar tersebut diambil pada pukul 2 siang, saat matahari berada pada ketinggian sekitar 75°.

Sebagai tambahan Andreas Duarte (konsultan fotocat) melakukan perhitungan tinggi, jarak, ketinggian sudut, rasio tinggi dari makhluk dan Ufo di foto tersebut (lebih detail nya bisa mengunjungi sumber postingan ini), dengan salah satu pernyataanya menyebutkan:

"Ketidakkonsistenan ini terlalu mencolok; menurut data yang dilaporkan, makhluk itu seharusnya tampak lebih kecil dari UFO, meskipun (berjarak) lebih dekat, tetapi dalam gambar, makhluk itu jauh lebih besar dari UFO."

Duarte membuat dua grafis yang menunjukkan bagaimana kejadian itu seharusnya terlihat dalam kenyataan, jika jarak dan dimensi yang diberikan memang benar :



Pada tahun 1980, reproduksi foto Ronnie Hill diterbitkan dalam sebuah buku oleh Margaret Sachs, The UFO Encyclopedia (Perigee Books, New York), halaman 320.

Dia juga memberikan informasi baru. Tulisan singkat menyebutkan bahwa "alien kecil" itu telah diidentifikasi sebagai sebuah model dengan telur di belakangnya, mengutip ICUFON (organisasi UFO yang berbasis di New York).


Luis Ruiz Nóguez (peneliti Meksiko) membuat ulasan skeptis tentang kasus ini ke dalam bukunya (Mina, 1996) (100 photos of extraterrestrials), di mana dia berteori bahwa itu bisa jadi adalah model kecil dan palsu yang dibuat oleh "remaja Amerika Serikat yang dewasa sebelum waktunya".

Issac Koi (peneliti Inggris) menemukan halaman web yang berisi gambar ini, dengan keterangan :

"Seorang remaja bernama Ron Hill mengklaim mengambil foto dari ET di halaman belakang rumahnya. Kenyataannya, 'alien' (itu) adalah boneka yang dibungkus oleh alumunium foil."

The Iron Skeptic menjelaskan beberapa hal yang patut diperhatikan mengenai foto ini :

*) Terlepas dari kenyataan bahwa (foto) ini dianggap sebagai Cawan Suci bagi para penggemar UFO, foto asli dari makhluk luar angkasa, baik foto negatif atau foto itu sendiri, tidak pernah diperiksa oleh spesialis fotografi. Penggemar UFO mengirimkan lusinan foto piring terbang palsu yang cukup jelas setiap tahun, mungkin setiap bulan, untuk dianalisis, tetapi yang ini tidak pernah berhasil masuk ke dalam tumpukan (dokumen yang akan diperiksa).

*) Setelah pemeriksaan lebih dekat, selain dari monster luar angkasa dan kapalnya, tidak ada apa pun di foto itu yang dapat digunakan sebagai skala. Tidak ada pohon di latar belakang, tidak ada rumah, tidak ada apa-apa. Ada beberapa garis vertikal di bagian atas dan bawah yang menunjukkan rerumputan dan pepohonan, tetapi kami tidak memiliki apa pun yang dapat digunakan sebagai sesuatu untuk menilai ukuran makhluk itu secara akurat. Tingginya sepuluh kaki ? Tingginya dua inci ? anda yang memutuskan.

*) Makhluk itu sendiri memiliki kepala yang sangat besar atau memakai topi yang aneh. Yang lebih menarik, kakinya tampak lebih atau kurang menajam ke titik-titik di bawah lutut. Faktanya, tulang keringnya tidak terlihat di beberapa titik, dan ada titik terang dan garis redup di sisi kanan makhluk yang menyiratkan bahwa (makhluk) itu memiliki dua lutut di kedua kakinya. Tangan kirinya tidak terlihat jelas, dan tangan kanannya tersembunyi oleh "objek hitam" yang terlihat seperti bola bowling. Intinya adalah, foto itu cukup buram, dan memiliki kontras yang buruk, sehingga seseorang bahkan tidak bisa melihat monster itu secara keseluruhan, apalagi harus menentukan apakah itu nyata atau tidak.

*) Makhluk itu dikatakan (berjarak) sekitar 15 kaki atau lebih dari (Ron), dan tampak menatap ke arah (Ron) dengan mata bersinar. Mengapa di dunia ini, (alien ini) mengizinkan (Ron) memotret dirinya ? Sepertinya (ia) tidak menyadarinya sama sekali. Jika saya terlibat dalam operasi rahasia di planet yang asing, dan seseorang melihat saya, anda tahu, saya akan (menggertak), atau setidaknya menakuti mereka.

Intinya, foto itu sendiri menyisakan banyak hal yang diinginkan. Tentunya, bagi seorang anak laki-laki berusia 14 tahun, yang oleh guru dan orang tuanya digambarkan sebagai tipe anak yang jujur dan baik, akan dianggap sebagai saksi yang sangat diandalkan. Tetapi itu tidak begitu benar.

Hal pertama yang dilakukan anak itu setelah mendapatkan foto, adalah mendapatkan hak cipta atas fotonya, memastikan bahwa semua keuntungan dari penjualan foto akan menjadi miliknya.

Bagaimana seorang anak lelaki berusia 14 tahun pada tahun 1967 tahu bagaimana melakukan ini, sedangkan sekarang, seorang lelaki berusia 25 tahun tidak tahu bagaimana memulai proses hak cipta.

Hal kedua yang dilakukannya adalah mengirim salinan foto itu ke majalah UFO, tetapi karena mereka telah mengalami kebangkrutan, dan tidak dapat membeli foto dari bocah itu, editor majalah meneruskannya kepada John Keel.

Jadi, Ronnie Hill ingin mendapat keuntungan dari foto ini, tidak ada yang salah dengan hal itu, orang-orang yang terlibat dalam UFO secara rutin mendapatkan keuntungan dari menceritakan kisah-kisah gila mereka.

The Iron Skeptic juga memiliki sedikit keraguan bahwa semua ini adalah tipuan dari Ronnie dalam upaya untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat.

The Iron Skeptic telah menemukan laporan dari semua tempat, termasuk International UFO Museum & Research Center di New Mexico, yang mencantumkan kasus Ronnie Hill sebagai "foto tipuan", sebuah model berukuran kecil dengan telur, tetapi tidak ada penjelasan tentang bagaimana mereka datang dengan kesimpulan bahwa itu adalah tipuan.

(Sumber : UFO FOTOCAT BLOG 20120529, The Iron Skeptic - The Strange Tale of Ronnie Hill)